Kamis, 27 Desember 2012

Pengertian Logam Alkali dan Alkali Tanah



PENDAHULUAN

Alkali dan alkali tanah merupakan unsur logam yang sangat reaktif yang terdapat di alam. Logam alkali adalah logam golongan IA yang terdiri dari Litium (Li), Natrium (Na), Kalium (K), Rubidium (Rb), Sesium (Cs), dan Fransium (Fr). Sedangkan logam alkali tanah terdiri dari Berilium (Be), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Stronsium (Sr), Barium (Ba), dan Radium (Ra). Radium kadang tidak dianggap sebagai alkali tanah karena sifat radioaktif yang dimilikinya.
Unsur pada golongan IA dan IIA ini memiliki sifat yang hampir sama, yakni suatu reduktor, pembentuk basa, dan mempunyai warna nyala yang indah, sehingga digunakan sebagai kembang api.
Disebut logam karena memiliki sifat-sifat seperti logam. Disebut alkalikarena mempunyai sifat alkalin atau basa jika direaksikan dengan air.Dan istilah tanah karenaoksidasinya sukar larut dalam air, dan banyak ditemukan dalam bebatuan di kerak bumi.Olehsebab itu, istilah “alkali tanah” biasa digunakan untuk menggambarkan kelompok unsur golongan II A.
Perbedaan logam alkali tanah dengan logam alkali diantaranya adalah alkali tanah lebih keras dari alkali karena memiliki dua elektron valensi,kerapatannya dan titik lebur alkali tanah lebih tinggi daripada alkali,kelarutan logam alkali tanah dalam air relatif lebih sukar, khususnya yang memiliki anion berbilangan oksidasi -2.

1 komentar: