Kamis, 27 Desember 2012

Sifat-Sifat Logam Alkali dan Logam Alkali Tanah



SIFAT – SIFAT LOGAM ALKALI DAN LOGAM ALKALI TANAH
SIFAT LOGAM ALKALI
Sifat Fisis
Secara umum, logam alkali ditemukan dalam bentuk padat.Kecuali Cs (cesium) yang berbentuk cair.Meskipun logam alkali adalah logam paling kuat, tetapi secara fisik logam alkali lunak bahkan bisa diiris menggunakan pisau.Hal ini karena mereka hanya memiliki satu elektron valensi pada kulit terluarnya.Sedangkan jumlah kulitnya makin bertambah dari atas ke bawah dalam tabel unsur periodik.Sehingga ikatan antar logamnya lemah.
Titik didih dan titik leleh
Titik didih adalah titik suhu perubahan wujud dari cair menjadi gas.Dan titik leleh adalah titik suhu perubahan wujud dari padat ke cair.Dalam golongan IA, dari Li ke Cs kecenderungan titik didih dan titik lelehnya turun.Seperti terlihat pada tabel.
Sifat
Li
Na
K
Rb
Cs
Titik Didih (oC)
1347
883
774
688
678
Ttik Leleh (oC)
181
97,8
63,6
38,9
28,4


Sifat Kimia                                                     
Energi Ionisasi
Energi ionisasi pertama adalah energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron yang terikat paling lemah.Energi ionisasi dalam satu golongan berhubungan erat dengan jari-jari atom. Jari-jari atom pada golongan alkali dari Li ke Cs jari-jarinya semakin besar, sesuai dengan pertambahan jumlah kulitnya.Semakin banyak jumlah kulitnya, maka semakin besar jari-jari atomnya.Semakin besar jari-jari atom, maka daya tarik antara proton dan elektron terluarnya semakin kecil.Sehingga energi ionisasinya pun semakin kecil.
Pada logam alkali yang memiliki satu elektron valensi ia akan lebih mudah membentuk ion positif agar stabil dengan melepas satu elektron tersebut. Li menjadi Li+, Na menjadi Na+, K manjadi K+ dan yang lainnya.
Keelektronegatifan
Keelektronegatifan logam alkali pada umumnya rendah (cesium paling rendah), yang berarti logam tersebut cenderung membentuk kation.Sifat logam alkali ini juga didukung oleh energi ionisasi pertama yang rendah, sedangkan energi ionisasi kedua sangat tinggi sehingga hanya ion dengan biloks +1 yang dapat dibentuk oleh logam alkali.
Kereaktifan
Logam alkali sangat reaktif dibandingkan logam golongan lain. Selain disebabkan oleh jumlah elektron valensi yang hanya satu dan ukuran jari-jari atom yang besar, sifat ini juga disebabkan oleh harga energi ionisaisnya yang lebih kecil dibandingkan logam golongan lain. Dari Li sampai Cs harga energi ionisasi semakin kecil sehingga logamnya semakin reaktif.Kereaktifan logam alkali dibuktikan dengan kemudahannya bereaksi.


SIFAT LOGAM ALKALI TANAH
Sifat Fisis
Semua unsur logam Alkali Tanah berwujud padat pada suhu ruangan. Logam alkali tanah bersifat lebih keras dari logam alkali, kekerasan logam alkali tanah lebih besar jika dibandingkan dengan logam alkali seperiode. Hal itu disebabkan logam alkali tanah mempunyai 2 elektron valensi sehingga ikatan logamnya lebih kuat. Kereaktifan logam alkali tanah dibawah logam alkali.
Titik didih dan titik leleh
Titik didih adalah titik suhu perubahan wujud dari cair menjadi gas.Dan titik leleh adalah titik suhu perubahan wujud dari padat ke cair. Dalam golongan IIA, dari Be ke Ba kecenderungan titik didih dan titik lelehnya turun. Seperti terlihat pada tabel.
Sifat
Be
Mg
Ca
Sr
Ba
Titik Didih (oC)
2.471
1.090
1.484
1.382
1.897
Ttik Leleh (oC)
1.287
650
842
777
727
Jika dibandingkan, titik didih dan titik leleh unsur logam alkali tanah lebih besar dari logam alkali seperiode.

Sifat Kimia                                                     
Energi Ionisasi
Energi ionisasi adalah energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron yang terikat paling lemah.Energi ionisasi dalam satu golongan berhubungan erat dengan jari-jari atom. Jari-jari atom pada golongan alkali tanah dari Be ke Ba, jari-jarinya semakin besar, sesuai dengan pertambahan jumlah kulitnya. Semakin banyak jumlah kulitnya, maka semakin besar jari-jari atomnya.Semakin besar jari-jari atom, maka daya tarik antara proton dan elektron terluarnya semakin kecil.Sehingga energi ionisasinya pun semakin kecil.
Pada logam alkali tanah yang memiliki dua elektron valensi, energi ionisasinya lebih besar dari logam alkali dalam unsur seperiode. Karena logam alkali tanah membutuhkan energi yang lebih banyak untuk melepaskan elektron terluarnya. Agar stabil logam alkali tanah melepas dua elektron. Be menjadi Be2+, Mg menjadi Mg2+, Ca menjadi Ca2+ dan yang lainnya.
Keelektronegatifan
Keelektronegatifan logam alkali tanah pada umumnya rendah, namun lebih besar jika dibandingkan dengan keelektronegatifan logam alkali seperiode, logamalkali tanah cenderung membentuk kation2+.
Kereaktifan
Logam alkali tanahbersifat reaktif, namun kereaktifannya dibawah logam alkali.Dari Be sampai Ba harga energi ionisasi semakin kecil sehingga logamnya semakin reaktif.Kereaktifan logam alkali tanah dibuktikan dengan kemudahannya bereaksi.

2 komentar: